Install aplikasi apk (android) di emulator (ubuntu)

Semester 5 ini saya lagi belajar pemograman mobile android, sedikit saya ingin sharing hasil oprekan iseng sayaπŸ™‚ . Berawal ingin mengerjakan tugas, kami ditugaskan untuk membuat sebuah aplikasi. Dan saya harus mempunyai referensi-referensi layout aplikasi yang sudah familiarπŸ™‚ . Saya fikir, jika saya banyak instal di Smartphone akan banyak memakan memory, dan akhirnya saya oprek2 agar dapar terinstall di emulatorπŸ˜€ .

Yup, bagaimana sih cara install aplikasi apk android di emulator pada ubuntu. Sebelumnya saya akan memberikan sedikit step by step cara menjalankan emulatornya.

1. Jalankan emulator anda, disini saya menggunakan eclipse.

pilih menu : Window -> android virtual device manager. lalu akan muncul seperti dibawah ini

emulato

2. buka console anda, lalu masuk pada direktori sdk/platform-tools. contoh seperti dibawah ini :

cd /home/nurul/Document/adt/sdk/platform-tools

Didalam direktori platform-tools terdapat *adb . instal adb seperti dibawah ini :

apt-get install android-tools-adb

3. Jika sudah ter-install, lalu anda sudah mempunyai aplikasi yang ingin anda install dengan mengetikan pada console seperti ini :

# ./adb installΒ  nama_file_apk.apk

*posisi pada direktori /platform-tools

4. Jika sudah selesai install apk, silahkan anda cek pada emulator anda. Maka aplikasi yang anda inginkan sudah ada di emulator anda.πŸ™‚

Semoga bermanfaatπŸ™‚

~No Action nothing happen, When we take action, Miracle Happen~

Leave a Reply

